TIPS MENJADI PAPA MUDA

June 15, 2022

Satu bulan yang lalu banyak sekali undangan pernikahan yang datang ke rumah, sampai-sampai 1 minggu ada 3x undangan di waktu yang bersamaan. Nah bagi kalian yang baru melaksanakan pernikahan, saya mengucapkan selamat tinggal masa-masa bebas beban pikiran mengurus keluarga hahahaha, biasanya seru-serunya pernikahan itu di satu tahun pertama, dan kedepannya pasti ada aja masalah yang timbul yang pastinya menguji ketahanan batas kesabaran pasangan. FYI waktu sudah nikah sih sifat buruk pasangan baru kalian ketahui loh. Awas kejebak. wkwkwk untung istri saya sabar.

Nah bagi kalian para calon papa muda ada beberapa hal yang perlu perhatikan dalam tata cara merawat anak dengan baik, sehingga akan mencegah pengeluaran yang berlebihan, kan duitnya bisa buat ditabung buat jadi sugar daddy kan? eh. Oke langsung saja berikut ini Tips buat para Papa Muda untuk merawat anak kesayangannya dan buat dompet aman tentunya.
 
1. POPOK BAYI
 
Nah ini permasalahan utama bagi para papa-papa diluar sana, bagi para orang tua modern yang pastinya tidak ingin ribet persoalan celana dalam bayi antara pakai kain atau popok nih perlu diperhatikan dalam memilih popok sebelum dipakaikan ke bayi yang baru keluar dari rahim ibunya. Sebelum persalinan kita para papa biasanya standby mempersiapkan perlengkapan bayi sebaik mungkin dan dengan kualitas terbaik, tentunya salah satunya adalah menyiapkan popok.

Saya rekomendasikan untuk soal popok, papa-papa muda untuk membeli popok yang standar aja, untung-untung yang murah dan bayinya cocok. Pengalaman saya, karena waktu itu anak pertama tentunya saya mau kualitas terbaik dong, belilah popok merk mamypoko royalsoft yang harganya ya cukup lumayan sih bisa buat makan 1 minggu waktu saya bujang. Nah disaat waktu persediaan popok mulai habis, belilah saya popok yang harganya lebih murah, toh pikiran saya sama aja kan ya.

Sialnya pantat anak saya sudah terlanjur merasakan kenyamanan popok mamypoko royal soft dan disaat dipakaikan dengan popok yang lebih murah alhasil ruam semua tuh pantat, parahnya sampai menjalar ke alat kelaminnya, duh di kondisi ini gak tega pak. Bayi tidur tidak nyenyak, alhasil saya pun juga kurang tidur. Masalah popok pokoknya lebih hati-hati aja, kalian gak bisa downgrade jenis popok, jadi belilah yang terjangkau saja, syukur-syukur langsung cocok sama pantat bayi kesayangan kalian.
 
2.SUSU FORMULA
 
Jika istri kalian dapat memberikan ASI, bersyukurlah kalian tidak akan dihadapkan dengan persoalan susu formula. Nah karena istri saya ASInya susah keluar, dan parahnya anak saya gak mau nyedot dari ibunya ya mau gak mau saya memberikan susu formula. Perihal memilih susu formula ada saja masalah yang dihadapi, dari kandungan gizinya, harganya serta cocok tidaknya ke bayi.

Tentunya tidak ada kandungan gizi pada susu formula yang menyerupai 100 persen kandungan gizi dari ASI, namun jika papa-papa jeli, tiap susu formula memiliki formula gizi yang berbeda-beda. Waktu bayi saya lahir, saya belikan susu dari produk Morinaga, susu BMT khusus bayi baru lahir. Nah susu bayi ini beragam jenisnya ada yang jenis P-HP, Soya, dan Platinum. Untuk P-HP ini merupakan jenis paling mahal karena dikhususkan untuk yang memiliki alergi terhadap susu, rasanya tidak enak, dan soya bagi yang alergi dengan susu sapi. Nah untuk platinum ini merupakan jenis susu yang memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi, harganyapun juga tinggi.
 
 


Berpengalaman dari persoalan popok sebelumnya, maka saya membelikan susu BMT yang biasa, alhamdulillah anak saya cocok dan tumbuh gemoy sehat waktu itu. Nah masalah muncul ketika saya mencoba menaikkan kualitas susu waktu itu, saya beralih ke jenis yang platinum. Ternyata BAB anak saya mulai keras, alhasil anak saya sering menangis ketika mau BAB dikarenakan sembelit. Duh ada-ada saja.

Usia anak sudah beranjak 1 tahun, saya kembali mencoba bereksperimen memberikan susu formula terbaik, dari berbagai jenis susu yang telah saya coba ada saja masalah yang ditimbulkan, tentunya dari BAB hingga anak saya sering garuk-garuk kakinya. Saya baru ngeh ternyata saat umur 1 tahun ini anak saya alergi susu sapi, padahal sebelumnya tidak ada masalah tersebut. Alhasil saya membeli produk dari morinaga chilkid soya, dan alhamdulillah sekarang masalah gatal-gatal dan sembelitnya teratasi.

FYI, masalah sembelit juga diakibatkan susu yang terlalu kental, jadi buat kalian yang baru jadi papa muda jangan khawatir jika kalian membuat susu tidak sesuai takaran penyajian, jika semisal 1 botol memerlukan 5 sendok susu, bisa kok dikurangi menjadi 3 atau 4 sendok
 
3. PAKAIAN 
 
Meskipun pakaian bayi itu kecil, tapi ternyata harganya tak sesuai dengan ukurannya alias cukup mahal jika dibandingkan dengan besaran kain yang digunakan. Oleh karena itu, para papa untuk persoalan pakaian mending dilimpahkan ke istri masing-masing, biasanya para istri jago mencari pakaian bayi murah meriah di Shopee. Karena saya tidak terbiasa memakai shopee entah karena UI/UX gak se smooth di Tokopedia makanya saya pasrahkan ke istri saya
 
4. MAINAN
 
https://kumparan.com/kumparanbisnis/kantong-plastik-di-alfamart-bayar-rp-200-di-indomaret-masih-gratis-1551502363178844677

 
Anak bayi umur 0-12 bulan tidak paham mainan, jadi bapak-bapak gak usah membelikan mainan mahal-mahal, karena itu tidak worth it. Cukup kasih kresek bekas belanja di Indomaret/alfamart aja buat mainan atau gantungan kunci sudah cukup melatih sensoriknya loh, ya kalau ada uang lebih sekali-kali membelikan mainan buat perangsang sensor anak, tapi harganya cukup mahal loh hahahaa. Anak saya baru-baru ini paham memainkan mainan puzzle, jadi waktu yang tepat membelikan mainan mending disaat anak sudah beranjak umur satu tahun.
 
5. MAKANAN
 
Ketika soal anak sudah beranjak ke tahap mengenal MPASI atau makanan penunjang, ada lagi permasalahan yang timbul, yakni apakah anak papa-papa doyan makan atau tidak. Beruntunglah anak saya nurun dari orang tuanya yang suka makan, jadi apa saja dimakan. Beruntunglah saya memiliki istri yang pintar bikin MPASI, jadi tidak tiap hari beli bubur bayi diluar namun jangan risau jika istri kalian tidak bisa masak, banyak kok pedagang-pedagang yang menjual bubur khusus MPASI.

Bagi anak kalian yang susah makan, jika sudah umur 1 tahun boleh tuh diberikan vitamin buat meningkatkan napsu makan, tapi kalau bisa jangan tiap hari diberikan, takutnya anak kalian malah sering ngemil alhasil kita malah boncos memberikan jajan tiap hari hahahaha

Begitulah tips dan pengalaman saya menjadi papa muda selama ini, semoga kalian nantinya sabar yah ketika anak sudah bisa jalan dan ngomong alias teriak-teriak. Banyakin istighfar dan sabar aja pak. Disaat itulah kalian akan merasakan bahagia bahwa anak bapak sehat dan lincah.

Oh iya satu tips lagi biar kalian bisa hemat, jika di kota kalian ada toko perlengkapan bayi dan ada sistem membernya, disarankan kalian daftar member deh, biasanya dapat harga khusus untuk membeli produk bayi, kalau tidak ada mending beli online deh, banyak harga miring juga.

You Might Also Like

0 komentar