Caraku Mencintai Rupiahku

November 08, 2017

Mata Uang Rupiah Edisi Tahun 2016
Siapa yang tidak tahu mata uang Rupiah? Mata uang resmi yang dimiliki negara dengan jutaan penduduk dari suku yang berbeda-beda namun tetap memakai mata uang yang sama yakni Indonesia. Pada tahun 2016 yang lalu, Bank Indonesia resmi mengenalkan dan mengedarkan mata uang rupiah dengan tampilan yang baru dan warna yang menarik serta tokoh nasional yang sebelumnya belum kita ketahui. Dengan melalui lembaran dan koin uang yang baru ini, Bank Indonesia mengajarkan kita secara tidak langsung mengenai tokoh-tokoh nasional sehingga menambah wawasan warga negara Indonesia ataupun warga negara asing yang ada di Indonesia tentang tokoh pahlawan nasional Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, aku tidak membahas lebih jauh tentang tampilan baru mata uang rupiah ini. Aku akan membagi pengalamanku bagaimana aku mencintai mata uang rupiahku. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, suatu kewajibanku harus memikirkan keadaan finansialku kedepannya. Beruntunglah kita hidup di zaman dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, sehingga kita dipermudah untuk mengakses ataupun mengatur keadaan finansial kita. Bagaimana caranya memanfaatkan teknologi terhadap mengatur keadaan finansial kita? Sangat mudah untuk menjawabnya, namun aku akan menjelaskan secara bertahap dengan menjelaskan bagaimana aku mencintai rupiahku.

INVESTASI !!
Investasi Reksadana
Yaa..Caraku mencintai rupiahku adalah dengan cara berinvestasi, karena aku sadar keadaan inflasi yang tak menentu dapat mempengaruhi nilai rupiahku sehingga aku bergerak semenjak dini untuk dapat melihat peluang ataupun ancaman yang mempengaruhi nilai rupiah. Tapi aku sadar kebanyakan masyarakat Indonesia khususnya para mahasiswa tidak mengetahui investasi apa yang cocok bagi para mahasiswa, disini aku sekaligus memperkenalkan investasi yang dapat dilakukan para mahasiswa yakni investasi REKSADANA, produk reksadana memiliki beberapa jenis diantaranya 
  • Reksadana Pasar Uang
  • Reksadana Pendapatan Tetap
  • Reksadana Campuran
  • Reksadana Saham
Namun bagi mahasiswa sepertiku yang belum memiliki pendapatan yang tetap selain uang saku dari orang tua maka aku memilih investasi reksadana pasar uang karena resiko yang sangat kecil dibandingkan dengan produk reksadana lainnya. Kita sebagai mahasiswa tidak perlu khawatir tentang mengatur uang investasi kita, karena dengan menggunakan reksadana, uang kita diatur oleh perusahaan manajemen investasi yang telah mengaturnya untuk kita.

Nah peran teknologi pada kegiatan investasi ini adalah mempermudah kita mengakses produk-produk investasi tersebut, salah satunya terdapat E-Commerce yang memerikan pelayanan investasi reksadana dengan biaya investasi dimulai dari Rp 10.000,00- saja, sangat mempermudah kita bukan? Kalian bisa mencari E-Commerce apa yang dimaksud di mesin pencarian kalian. 

Selain menginvestasikan beberapa uang rupiahku pada produk investasi reksadana, ada cara lain lagi bagaimana aku mencintai rupiahku, yakni berinvestasi di produk investasi lainnya yakni Investasi Emas.
Investasi Emas
Alasanku menginvestasikan rupiahku ke produk emas dikarenakan sifat emas yang tahan dan stabil disaat-saat genting terjadinya inflasi serta nilai investasinya yang sangat baik untuk jangka panjang, namun jangan khawatir soal biaya yang dibutuhkan untuk berinvestasi di produk emas ini, dengan kemajuan teknologi pada saat ini kita dapat berinvestasi emas dengan mudah dan terjangkau. Melalui salah satu e-commerce yang ada di Indonesia dan e-commerce yang sama dalam investasi reksadana sebelumnya, kita dapat berinvestasi emas dengan bobot minimal 0,005 gram tentunya dengan bobot yang rendah ini kita dapat leluasa menentukan jumlah rupiah yang kita investasikan pada produk emas ini.

Begitulah caraku mencintai rupiahku dengan cara berinvestasi di beberapa produk. Ayo cintai rupiahmu dengan cara kalian masing-masing :)

You Might Also Like

0 komentar