SAHABAT BARU

January 07, 2024

Halo kawan, rasanya sudah lama aku tidak menulis di blog entah yang tujuan awalnya apa aku buat waktu itu. Terakhir aku menulis keresahan hati ini, disaat aku beranjak dari tempat kerja sebelumnya, meninggalkan suasana kota Surabaya dan tentunya keluarga kecil di ruang tak begitu megah namun cukup nyaman. Yah.... aku rindu suasana itu, saking rindunya aku selalu membaca tulisan yang pernah kutulis di blog ini...sudah 2 tahun aku Beranjak dari kenangan manis itu, tapi sampai saat ini aku masih berkomunikasi dengan teman-teman di kantorku sebelumnya, karena aku telah menganggap mereka keluarga jadi tidak bisa aku lupakan begitu saja dan tentunya melepas rindu bercakap ria dengan mereka.

Hari ini, 7 Januari 2024 aku mungkin mau cerita sedikit tentang kehidupanku di kantor baruku ini. Di awal tahun yang penuh dengan depresi karena sebenarnya bekerja di tempat baru yang mungkin tidak pernah aku bayangkan sebelumnya bekerja di tempat yang harusnya bukan disini tempatku berada. Beruntungnya, aku memilki istri yang sabar mendengarkan keluh kesahku berasa tak dianggap atau tak berguna kala itu. Sedangkan di tempat sebelumnya aku bekerja, aku menjadi salah satu pegawai yang bisa dikatakan sering menjadi "BABU" yang bisa mengerjakan segala hal, tapi aku senang.... karena aku bisa membantu dan mendapatkan kepercayaan seorang pimpinan. Namun di awal tahun di tempat baru ini aku merasa hampa.

Beruntunglah, kehampaanku tak berlangsung lama, di kantor baru ini aku mendapatkan teman-teman yang sebenarnya aku pernah bertemu sebelumnya, yap... waktu masa pra jabatan atau latihan dasar CPNS aku bertemu 3 orang ini. Sebut saja mereka Mas Hayyan, Zainal Mbottaqin, dan Mas Adi. Sebenarnya, Mas Adi inilah yang menjadi informanku untuk bisa pindah di tempat ini, sebelum aku mengajukan pindah mendekati keluarga, aku menghubungi Mas Adi bagaimana kondisi di Kantor baruku ini, apakah overload atau sangat membutuhkan pegawai baru? Makasih banyak Mas Adi, gara-gara Mas Adi aku bisa punya anak 2 orang saat ini hehe.......

Selain 3 orang yang aku sebutkan itu, terdapat 4 anak baru CPNS yang tidak asing bagiku karena yah aku kenal mereka, sebut saja Mas Kholil kakak kelasku waktu SMA, Shofta mantan pacar dari sahabat istriku, Firli adik tingkat istriku dan Mas Dhika yang aku kenal dari teman istriku. Di tulisan ini aku bahas satu-satu siapa sahabat baruku ini. Namun ada 2 orang lagi yang akhirnya kami bisa menjadi akrab, sebut saja Mas Agus yang ternyata berasal dari kota yang sama denganku, dia tiap hari Pulang Pergi dari Sampang ke Pamekasan yang jaraknya kurang lebih 35km, tiap hari motoran maklum dia masih jomblo, tenaganya masih kuat, dan satu lagi Mas Dodik yang dimana pertama kali aku ke ruangannya kursi mejanya kosong padahal sudah jam 9 lebih tapi anak ini masih belum datang. Emang yah kalau trader kaya, kerja kantoran cuma sebagai sampingan... Aku tertarik kenalan dengan Mas Dodik karena Mas Agus bilang ada teman kantor yang suka trading waktu itu dan main crypto juga, yah aku gas ajalah kenalan siapa tau dapat signal gratisan long atau short hehehehe.

Setelah kurang lebih 3 bulan aku hampa dan hanya duduk di meja kosong dan keseharian hanya menonton sinetron azab di kantor, aku memberanikan diri untuk pergi ke ruangan teman-teman yang aku sebut tadi. Disaat aku buka pintu ruangan mereka, bayanganku pada saat itu mereka sibuk dengan pekerjaan masing-masing ternyata ekspetasiku terpatahkan, mereka asyik bermain game catur online. yah sama aja dong nganggur kataku, berharap ada kerjaan yang dapat aku kerjakan malah aku ikut main catur online juga. Beberapa minggu kemudian, si Agus mengajak main Mobile Legend dan akhirnya kami bikin squad Mobile Legend, kerjaan kami ya main game atau tiduran. Wah gak bener nih kataku waktu itu... kok tiap hari ngegame mulu.... aku pengen ada kerjaan dalam hatiku.

Tahun Kedua. Kampreeeet aku pengen balik ke tahun pertama, kerjaannya nyantai ngegame aja bisa gak sih.... yah itulah suasana di tahun kedua di kantor baruku ini. Di tahun pertama, doaku pengen ada kerjaan dikabulkan, ya ini berawal dari telepon dari Mas Hayyan dikala aku mau makan siang menyantap mie ayam di depan kantor, mau menyantap suapan pertama tiba-tiba dia nelpon disuruh menghadap ke Bapak Kepala waktu itu, anjir banget dah.... ya terpaksa gue nitip mangkok ke abang mie depan kantor. Disaat aku membuka ruangan kepala kantor, ternyata aku melihat anak-anak sudah duduk rapi. Wah ada apa ini kok dipanggil semua yang muda-muda, dan ternyata kami disuruh wajib ikut tes sertifikasi pengadaan barang dan jasa. Kampreeeet, di awal aku masuk menjadi Umbies ada 2 pekerjaan yang harus dijauhi yakni menjadi Bendahara atau Menjadi Pejabat Pengadaan atau Pembuat Komitmen (PPKom). Lah ini disuruh ikut tes Barjas, kalau dibayarin kantor sih pasti auto gak aku lulusin, masalahnya ini disuruh bayar duluan, kalau lulus diganti kalau gak lulus yah uang melayang.

Dan akhirnya di tahun kedua jadilah aku Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom), senang? oh tentu tidak.... karena ini urusannya dengan pertanggungjawaban dengan keuangan, tapi gimana lagi sudah ditunjuk dan diberikan kepercayaan ya aku laksanakan. Bukan cuma aku saja yang ditunjuk jadi PPKom, ada si Mas Hayyan yang langsung diberikan tanggung jawab mengurus Paket Pekerjaan total anggaran yang dia pegang 30M, dan si Zainal yang pindah ke kantor pembantu untuk ngurus Paket di Sampang, serta si Mas Kholil yang menjadi Pejabat Pengadaannya. Yang lain gimana? ya mereka harusnya beruntung..... hidup aman tentram. Namun, mereka tetap disuruh ikut barjas, dan akhirnya Mas Dhika dan Mas Dodik lulus, dan ditahun ketiga ini harusnya mereka pegang paket nih hahahaha makan tuh PPKom !!

Nah alasanku menulis malam ini sebenarnya tidak jauh dari akibat menjadi PPKom di tahun kedua ini. Yap di tahun ketiga ini, kawanku harus beranjak meninggalkan kami, dia ditugaskan di tempat baru yang lumayan jauh dari kita, ya mungkin gara-gara dia berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik, maka pimpinan teratas menghendaki dia dengan tugas baru di tempat baru. Ya... Mas Hayyan yang harus meninggalkan kami. Rasanya sangat berat sekali melihat teman yang baru terbentuk chemistry dengan kita tiba-tiba harus berpisah. Oleh karena itu tulisan inia aku tulis buat dia.

Sahabat Baru


Oke seperti yang aku bilang tadi, aku akan mengenang dan mengenalkan sahabat baruku, aku mulai dari sebelah kiri yah.

  1. Shofta : Aku mengenal Shofta karena kita berdua satu almamater waktu itu, Istriku punya sahabat di kampusnya dan sahabatnya itu berpacaran dengan si Shofta ini, alasan dia daftar PNS di Pamekasan ya hanya satu alasan, demi sang mantan pacar kala itu hahahahaha pilihan bodoh shoft ! sorry ya Shoft kalau kamu baca ini dan mengorek luka lamamu, demi konten ini aku buka masalah ini. Tapi beruntungnya dia sekarang memiliki istri dan buah hati yang cantik, dengar-dengar sang istri dan anak lucunya akan dibawa ke Pamekasan habis lebaran tahun ini. Shofta orangnya lucu dan PD sekali, dia yang selalu membawa suasana cair di ruangan kami.

  2. Mahardhika : Seperti yang aku katakan sebelumnya, aku mengenal dia dari teman istriku yang kebetulan satu circle dengan dia, aku diceritakan bahwa Mas Dhika sangat alim sekali orangnya, tidak pernah telat menunaikan ibadah Sholat. Awal pertama bertemu ternyata semua yang diceritakan temannya benar, sangat alim dan selalu taat beribadah. Namun nih, semenjak bergabung dengan circle kita dia kok mulai abai yaaaaa apalagi kalau sudah WAR di Counter Strike waduh, teriakannya dia ngalahin suara adzan wkwkwkwkk bercanda mas Dhik, dia tetep alim kok dan sekarang dia jadi tim sukses Pak Denya yang maju jadi Cawapres.

  3. Agus : Jomblo dan denger-denger deket sama mas Adi hahahahaha. Tolong siapa saja yang baca ini, mungkin ada cewe yang mau kenalan sama Agus ini, dia sebenernya jomblo karena ulahnya dia sendiri ya... dia bingung mau sama cewe yang mana, emang yang namanya Agus itu banyak tingkah ya..... gara-gara dia Aku instal ulang Mobile Legend.

  4. Adi : Jomblo dan denger-denger dekat sama Mas Agus wkwkwkwkwk. Di kelompok ini hanya Mas Agus dan si Mas Adi yang masih perjaka, tolong dong siapa aja ajak mereka nikah sebelum terlambat dan bener-bener terjadi bercandaan Agus Adi sehati. Mas Adi ini orang pediam namun ada rahasia dibalik sifat pendiamnya, sangat misterius sekali.

  5. Firli : Selanjutnya Firli, posisi dia di samping mas Adi, atau dibelakang Mas Hayyan. Aku kenal dia lagi-lagi dari teman Istriku, anaknya rajin 11 12 sama seperti Mas Hayyan nih kayaknya, sangat tegas sama aturan. Yang aku suka dari Firli ini koleksi stiker WAnya yang senonoh sekali. Out Of The Box. Bisalah tahun ini dilolosin Tes Barjasnya kawan... kampret emang gak kompak!! atau mau aku jokiin juga?

  6. Hayyan : introvert, masa bodo dan terlalu meledak-ledak kalau marah. Wkwkwkwk mungkin itu kamu dipindah kawan biar bisa keluar dari zona nyaman dan selanjutnya disiapkan jadi Kepala UPT di Pamekasan. Ditimpa dulu mentalnya baru kembali menjadi atasan. Ya bisa dibilang seperti itu Mas Hayyan, dia menjadi sosok yang sangat dikagumi sama teman-teman karena idealismenya dan tekad integritasnya, yah dari awal aku kan udah bilang ikut aja dulu tapi gimana lagi kawan. Menjadi seorang pemimpin berarti siap menjadi yang paling menderita. Yah jujur saja kami sangat sedih ditinggalkan sama salah satu teman yang ditahun 2023 ini sangat dekat dan kompak sekali, mungkin ini sudah jalan takdirmu kawan. Pesanku, jadi fleksibel tanpa mengurangi nilai-nilai kejujuran dan ketauladanan. Aku yakin di tempat baru kamu akan memetik banyak sekali nilai hidup yang bisa dipakai dikemudian hari kelak.

  7. Kholil : Posisi Mas Kholil a.k.a Ilong ada di belakangku, aku kenal dia dari zaman SMA. Dia dikenal siswa yang cerdas berprestasi, ternyata semenjak menjadi rekan kerjaku, aku baru tau juga dia agak berandal di sekolah, masih SMA sudah sering merokok, waktu kuliah sering bolos ya... terbawalah di kantor ini, sering telat dan rokok di ruanganku. hahahaha tapi tetap dia selalu bertanggung jawab dengan pekerjaannya, dan sering juga menjadi lawan debat dikala tak ada pembahasan di kelompok kita. Satu hal yang aku kecewa dari mas Kholil ini, semenjak menikah sudah jarang ngirim meme-meme cewe hot di instagram.

  8. Dodik : Calon PPKom di tahun 2024 ini hahahaha mampus kau merasakan yang kami rasakan haahhaha. Dia sebenernya kerja di kantor cuma sebagai kerjaan sampingan, full pekerjaan dia adalah trader sejati, bayangkan dari jam 2 Pagi ke 5 Subuh sudah profit 50jt++ wah sama seperti gajiku setengah tahun !!!! Namun, mas Dodik ini loyal sekali orangnya sering mentraktir kami, pokoknya urusan duit dia gak pernah mikir. semoga Istrinya gak baca ini, bisa perang ketiga nih hahahaha.

  9. Zainal a.k.a Mbot : Ini salah satu temen kalau ngomongnya gak pernah ngerem alias blak-blakan, keturunan orang Madura yang sering ngata-ngatain orang Madura hahahahaha. Pernah suatu hari dia hampir baku hantam sama salah satu pensiunan, gara-gara mulut si Mbot ini gak ada remnya, udah tau tabiat PNS tua gimana apalagi orang madura, malah blak-blakan ngomong "ya kalau sebelum pensiun atau mendekati pensiun bukan berarti gak ada kerjaan yang gak dikerjakan" sumpah satu ruangan langsung hening kala itu, bersiap-siap oknum PNS ini ngehantam si Mbot ini, semisal itu terjadi sih... aku sama teman-teman lainnya siap bikin RING DADAKAN wkwkwkwkwk.

Yap itulah sahabat-sahabatku, semuanya kompak dan untungnya semuanya bisa diajak bekerja sama tak pernah ada crash antar sesama. Kalau debat ya debat sambil bercanda, kalau main ya main enjoy. Saling mendukung dan memberikan masukan. Tak pernahpun terbesit untuk saling sikut sana sini malah kami saling mendorong untuk menjadi PPKom atau incar jabatan lainnya. Karena hidup tidak pernah diambil pusing bagi kami.

Mas Hayyan Siap Diangkut

Diakhir tulisan ini, aku menitipkan pesan untuk temanku Mas Hayyan. Beranjak dari tempat yang sudah nyaman bagi kita dan tiba-tiba berpindah ke tempat yang baru, awalnya sangat berat sekali rasanya. Siapkan mental jangan sampai kamu terjatuh dijebakan pikiran kelabu. Aku yakin kamu kuat meninggalkan keluarga, namun bukan berarti kamu akan jauh dari orang-orang yang menyayangimu.

Anggap ini cuma tantangan hidup yang harus kamu lewati untuk menjadi sosok yang tangguh kedepannya, karena tak ada pedang yang tajam dan kokoh tanpa dilewati tempaan besi yang berulang kali. Kami tidak jauh kok, kami selalu ada di Lobby Mobile Legend yang siap mabar tiap waktu.

Laptop jangan lupa yah.

You Might Also Like

0 komentar