Nganggur

February 09, 2019

Perkenalkan nama gue Syahrul, seorang pengangguran yang sangat ingin memulai bekerja namun tak satupun perusahaan memanggil gue untuk memberikan upah kerjanya. Kali ini gue akan menceritakan seluk beluk pasca kampus yang tidak sesuai dengan angan-angan gue pada saat pertama kali menginjakkan kaki di bangku kuliah.

Di awal tulisan ini gue memberi tau pada kalian bahwa menjadi lulusan dari salah satu universitas negeri favorit di negeri ini bukan jaminan untuk segera mendapatkan pekerjaan. Gue yang mendapatkan nilai yang berpredikat cumlaude saja merasakan pengangguran yang cukup lama. Ya banyak alasan mengapa gue cukup lama menganggur sedangkan teman-teman seangkatan gue sudah banyak yang bekerja dan menikmati gaji pertama mereka.

Banyak alasan yang mungkin membuat gue kurang memiliki nilai di mata para pencari bibit-bibit karyawan di negeri ini. Salah satunya adalah kurangnya gue bersosialisasi khususnya dalam berorganisasi. Ya mungkin itu salah satu hambatan para introvert di dunia ini, ya mungkin ada para introvert yang merasakan kesibukan dalam kepengurusan organisasi namun gue termasuk di jajaran introvert garis keras yang susah untuk meluangkan waktu untuk berkumpul. Selama 4 tahun di kampus, gue lebih banyak menghabiskan waktu di kamar kos sambil scroll-scroll foto di akun IG Cewek Hitz di kampus gue.

Gue heran, maksud orang-orang bikin akun IG Cewek Hitz kampus ini tujuannya apa? dan gue yakin di tiap-tiap kampus di negeri ini pasti ada akun IG khusus yang menampilkan cewe-cewe Hitz di kampusnya. Dan gue sangat yakin, hal yang pertama yang dilakukan para MABA di masa-masa orientasi kampus dia akan ngefollow akun tersebut. Setidaknya itu yang gue lakukan diwaktu itu.

Oke lanjut... selain kurangnya jam terbang berorganisasi, gue juga merasa keahlian di bidang yang gue ambil masih pas-pasan, berhubung gue mengambil jurusan sistem informasi, harusnya gue memiliki skill di bidang teknologi yang cukup baik, namun sayangnya banyak perusahaan salah kaprah terhadap jurusan gue. Padahal konsentrasi jurusan ini menurut gue tidak terlalu fokus ke dalam bidang teknologi, sebut saja pemograman. Iya gue diajarkan pemograman pada saat itu namun sayangnya pada semester 5 keatas gue lebih banyak difokuskan terhadap manajerial ketimbang teknikal.

Memang kesalahan gue terlalu mengandalkan pelajaran di kelas. Peringatan buat kalian yang ingin masuk ke jurusan Sistem Informasi. Belajarlah NGODING gan...... terserah mau ngoding apa, yang penting kalian jago di bahasa pemograman tertentu.

Alasan terakhir gue mengapa terlalu lama menganggur adalah gue terlalu pilih-pilih pekerjaan. Bukannya tanpa alasan, kebanyakan lowongan pekerjaan yang pas sama diri gue kebanyakan penempatan di Jakarta. Sedangkan gue berusaha mencoba mencari pekerjaan yang lebih dekat dengan keluarga, lebih tepatnya keluarga gue sendiri kelak.... kasarannya lebih dekat dengan pacar gue hahaahahaha. Entah karena gue kurang niat atau emang takdir Tuhan, selama ada tes pekerjaan di Jakarta gue selalu gagal, sebenarnya gue sudah beberapa kali mengikuti tes pekerjaan di luar kota namun selalu gagal di hampir tahap terakhir.

Akhirnya selama 4 bulan lamanya gue menganggur, meskipun meleset dari perkiraan gue yang harusnya gue menganggur maksimal 3 bulan, gue mendapatkan kejelasan dimana gue kelak akan bekerja........

penasaran gue bekerja dimana? mungkin gue bakal bahas di cerita selanjutnya ya gan. Kucing di rumah ganggu gue nulis malem ini, mereka minta dimanja-manja dulu.

eitssss.... sebelum mengakhiri tulisan ini. Gue mau kasih saran, Jangan Berhenti Berusaha dan Berdoa!! Yakin Tuhan akan memberikan jalan terbaik. Percaya sama saran gue gan.......

You Might Also Like

2 komentar