AKHIRNYA SEMPRO JUGA!!!

March 13, 2018

oh begini rasanya seminar proposal tugas akhir?

Perasaan lega akhirnya gue rasakan setelah lama gue menunggu jadwal sidang proposal tugas akhir gue yang selalu diundur-undur.

Ya gue sebenernya sudah mempersiapkan tugas akhir gue di akhir tahun 2017 kemarin dan baru sidang di hari ini, 13 Maret 2018. Dari lamanya penantian gue banyak kejadian yang cukup membuat gue kesal, dari mau daftar proposal, ternyata pendaftaran belum dibuka hingga sidang dibatalkan H-15 Menit!!!

Sebenarnya gue pengen mengerjakan tugas akhir di semester sebelumnya tapi karena gue belum punya data dan belum ada semangat untuk lulus 3.5 tahun alhasil gue menerima penyesalan disaat temen-temen gue lulus 3.5 tahun, yah mungkin ini takdir Tuhan agar gue masih bisa punya waktu bersama doi hehehehe lulus bareng sama doi! wkwkwkkw.

Oke belajar dari pengalaman atas penyeselan kenapa tidak ambil 3.5 tahun, akhirnya gue harus semangat buat mempersiapkan tugas akhir ini. Alhasil pada bulan Desember 2017 gue sudah mencari data dan kebetulan temen gue yang bekerja di salah satu distributor perusahaan layanan telekomunikasi seluler menawarkan gue data yang kebetulan cocok dengan topik tugas akhir yang gue rencanakan yakni mengenai Data Mining!

Data sudah ditangan maka mulailah gue melangkah, awalnya gue konsultasi ke dosen pembimbing apakah data gue cocok untuk dilakukan segmentasi. Setelah dosen pembimbing menyetujui langsung saja gue mulai menulis Bab 1 hingga Bab 3, selama 1.5 minggu akhirnya draft proposal gue rampung, tanpa berpikir panjang besok paginya gue bimbingan proposal, awal revisian pertama gue rasakan pada saat itu  juga, namun bukan sebuah hambatan buat gue, selama 1 hari gue selesaikan revisian tersebut dan 3 hari selanjutnya gue mulai bimbingan untuk kedua kalinya. 
Dosen akhirnya memberikan persetujuan bahwa proposal gue sudah siap disidangkan dan dosen gue mencoba menyelipkan jadwal sidang proposal gue di jadwal sidang tugas akhir teman-teman. Karena pada saat itu gue belum siap dan pada saat itu juga adalah jadwal libur semester ganjil, maka gue meminta gimana kalau awal masuk semester 8 atau akhir januari saja saya maju..Dosen menyetuji.

Oke selama kurang lebih satu bulan liburan, gue sudah mempersiapkan segala hal untuk maju sidang proposal tugas akhir, dan akhirnya semester 8 dimulai dan di minggu pertama perkuliahan semester 8 gue mencoba mendaftar dan ternyata pendaftaran tugas akhir periode selanjutnya belum dibuka!!

Gue bingung, terus gue ngapain ini? Mahasiswa tingkat akhir yang hanya mengambil 1 matkul untuk memperbaiki nilai tanpa ada kegiatan lainnya, akhirnya gue mulai menyibukkan aktivitas seperti ikut les programming hingga sibuk bermain dengan kucing-kucing gue di rumah.

Setelah pendaftaran sidang proposal dibuka, gue harus menunggu lagi gara-gara masih 2 orang yang daftar dan temen-temen gue yang lain masih baru mulai membuat draft proposal ya terpaksa gue menunggu lagi. Akhirnya beberapa temen gue sudah ada yang mendaftar jadi pada saat itu juga jadwal sidang proposal mulai dijadwalkan, kesialan gue ternyata belum berakhir. Awal jadwal yang terpampang gue sidang di hari pertama, tapi ternyata jadwal tersebut diundur padahal gue pada saat itu sudah semangat.

Jadwal baru telah keluar dimana gue dijadwalkan pada hari rabu dan kemudian diundur lagi pada hari kamis, dan secara ikhlas gue harus merelakan beberapa teman yang daftar sidang proposal setelah gue, maju terlebih dahulu di hari rabu. Karena gue maju di hari kamis maka gue sedikit santai, pada malam rabu gue begadang nonton youtube semalaman dan akhirnya gue tidur habis sholat subuh. Tapi tiba-tiba, gue ditelpon temen gue dan gue acuhkan palingan dia pengen gue dateng ke sidangnya, disaat gue check hape gue ada notif dari admin lab bahwa gue maju hari Rabu! Mampus!!! baru aja tidur tiba-tiba rasa kantuk langsung hilang....langsung aja gue berdiri, ambil handuk dan mandi. Setelah gue mandi, ada pesan baru bahwa gue dijadikan cadangan pada saat itu, jadi gue gak perlu pakai kemeja putih, pakai pakaian yang penting rapi.

Antara senang lega dan kesel pada saat itu pagi-pagi dibuat shock!! ya karena disuruh tetap datang, ya gue datang, udah terlanjur mandi dan rapi. Seperti yang gue bayangkan bahwa gue gak bakalan maju di hari itu juga dan emang gak maju, untungnya sih gue tau gimana kondisi sidang proposal yang dilalui temen-temen gue. Akhirnya gue mempersiapkan diri untuk maju di jadwal sidang hari kamis esoknya.

Akhirnya hari kamis telah tiba, gue dengan degdegan berangkat ke kampus. Gue datang 2 jam sebelum gue maju, kebetulan pada hari itu cuma 2 orang yang bakalan sidang, dan gue diurutan pertama. Degdegan? Pasti....tapi harus gue hadapi....menunggu selama beberapa jam dan akhirnya 10 menit lagi gue maju tapi tidak ada satupun dosen yang datang. Mulai risih, ini mana dosennya ya? dan tiba-tiba kabar buruk datang..... maaf ya pengujinya gak bisa hadir, antara senang degdegan yang mulai kencang tiba-tiba sirna dan kesal kenapa gue diphp-in!!

Gue langsung balik ke kos dengan rasa kesal dan langsung merebahkan diri di kasur membayangkan apa salah gue hingga gue gak maju-maju sempro? Untuk sekian kalinya jadwal sidang gue diubah, dan akhirnya pada tanggal 13 Maret 2018 gue maju juga!

Disaat giliran gue dipanggil, tebak kalimat apa yang dilontarkan dosen penguji disaat gue mempersiapkan presentasi gue di ruang sidang?  

sekarang tanggal 13 ya? hmmm angka sial...jangan-jangan kamu gak lulus nih proposalnya!

hmmm terima kasih pak...kalimat pertama yang sangat menjatuhkan semangat! tapi tenang pak itu tidak mempan, karena gue sudah mempersiapkan hal ini dari 2 bulan yang lalu. Selama 15 menit gue mempresentasikan proposal tugas akhir gue dan selama 15 menit tanya jawab...sebenarnya selama waktu itu gue tidak merasakan ketegangan malah kami ketawa di dalam ruangan itu, dan semua hal yang gue presentasikan berjalan lancar dan semua pertanyaan yang diajukan dijawab tegas dan lancar oleh gue. Akhirnya dengan sedikit revisi akibat permintaan dosen penguji untuk memfokuskan ke deep analytical maka diakhirilah sidang proposal gue pada saat itu dengan lega!!

YAP saatnya revisi dulu....terus liburan sejenak, semoga tidak wacana!
Doakan gue, tugas akhir ini lancar dan yang terpenting doakan gue dalam keadaan yang selalu bersemangat dan tidak malas-malasan ya!!

Selagi ada waktu dan kalian siap, jangan pernah menunda-nunda yah, karena penyesalan yang pasti kalian dapatkan kelak!!

You Might Also Like

0 komentar