Mengenal Departemen Sistem Informasi ITS

February 28, 2018

Seperti janji gue di postingan sebelumnya tentang nasib mahasiswa akhir, gue bakalan membahas tentang jurusan gue, Sistem Informasi ITS. Disini gue bukan membahas tentang perkuliahan di SI ITS itu seperti apa, gue mungkin seperti mengasih tour gimana sih sistem informasi ITS itu hehe, tapi kalau kalian tanya gimana kehidupan perkuliahan tinggal komen atau chat gue di instagram hehe.

OKAY AYO LANGSUNG TOUR AJA!!

Sebenernya gue nulis postingan ini juga sebagai pengingat dalam hidup gue bahwa gue pernah menginjakkan kaki di gedung ini, karena gedung sistem informasi sekarang bakal pindah ke gedung baru. Jadi disaat gue nulis postingan ini, gue sedang dalam masa penulisan skripsi dan kebetulan gue lulus, gedung SI bakal pindah ke gedung baru yang artinya kemungkinan gue wisuda nanti gue bakal merasakan arak-arakan khas mahasiswa ITS yeeee !! hahahaha

Jadi bagi calon mahasiswa baru sistem informasi ITS yang baca blog gue ini, jangan kaget ya kalau gambar-gambar di postingan ini beda dengan apa yang kalian rasakan nanti, jangan cari mana nih cewe cantik mahasiswa manajemen bisnis. 

Di gedung baru kalian bakal jarang ketemu cewe cantik jurusan sebelah!!

Gazebo Sistem Informasi

Nah, disini gue mulai dari Gazebo, tempat nongkrong para mahasiswa sistem informasi yang kebetulan pada saat ini sepertinya sudah bercampur dengan mahasiswa instrumentasi yang pindah di gedung yang sama dengan jurusan sistem informasi.

Di Gazebo ini kalian bisa bebas mau ngapain aja, ngerjain tugas, wifian, makan, main sama kucing atau liatin cewe-cewe cantik berlalu lalang di depan muka kalian, bebas kalian mau ngapain disini! Asal jangan ngelakuin tindakan asusila ya!!

Plaza Sistem Informasi

Nah lanjut jalan melewati gazebo, kalian bakal sampai di plaza sistem informasi, ciri-ciri kalau kalian sudah sampai di plaza sistem informasi kalian bakal ngeliat empat monitor yang gak bakalan nampilin drama korea, dan juga spanduk bertulisan kejujuran akademik! Awas yang terbiasa waktu SMA masih suka nyontek hati-hati ya!! Harus lebih waspada!! Eh maksudnya jangan ngelakukan hal itu, karena sekali kalian ketahuan plagiat atau nyontek, siap-siap bakal nangis !!

Plaza Garden Sistem Informasi
Oke di samping plaza sistem informasi, kalian bakal ngeliat sebuah halaman yang rindang. Kita sih menyebutnya plaza garden, kebetulan gue ngambil foto diatas disaat jurusan gue lagi ada penilaian tentang akreditasi jurusan tingkat ASEAN LOH!! dan rumornya sih jurusan sistem informasi ITS LOLOS akreditasi tingkat ASEAN !!

Nah balik ke plaza garden, disitu kalian bakal ngeliat ada panggung kecil dan panggung kecil itu sih bukan dibikin tanpa ada maksud dan tujuan loh, biasanya plaza garden dipakai disaat ada acara buat perkuliahan ataupun kegiatan mahasiswa salah satunya adalah pengkaderan (ospek).

Herannya nih! padahal tempatnya rindang tapi gak ada mahasiswa yang nongkrong disitu, entah plaza garden ini angker apa gimana, tapi kalau gue sih karena sinyal wifi yang lemah aja dan gak ada colokan listrik aja sih yang kurang membuat tempat ini asyik buat tongkrongan.

Penampakan Salah Satu Kelas
Lanjut....oke disini gue mau cerita tentang harapan gue waktu menginjakkan kaki di perguruan tinggi. Dulu gue membayangkan kalau kuliah nanti kelasnya bakal seperti ruangan bioskop, maklum gue waktu itu sering nonton film yang sering nampilin ruangan kelasnya seperti bioskop. Tapi kenyataannya ya biasa-biasa aja, kursi ya seperti yang kalian lihat. Tapi tenang kelasnya sudah ada pendingin udaranya kok kalian tidak bakal kepanasan dengan cuaca di Surabaya hehe! 

Foto diatas penampakan kelas untuk mahasiswa S1, beda lagi kalau penampakan kelas untuk mahasiswa S2, lebih okey deh! Harapan gue sih moga aja nanti ada perubahan aja dari kursinya, setidaknya ya ada busa atau apa deh biar pantat mahasiswa yang kedapatan mata kuliah 3 SKS lebih nyaman apalagi udah tingkat ASEAN nih hehe

Ruang Baca Sistem Informasi

Okey naik ke lantai dua. Di lantai 2 ada beberapa tempat yang pasti bakal kalian kunjungi diantaranya ruang TU, Ruang Dosen, Aula dan Ruang Baca. Kebetulan yang gue ambil gambarnya adalah ruang baca. Selama gue menjadi mahasiswa sistem informasi, gue baru pertama kali masuk ke ruang baca dan itupun beberapa hari yang lalu gue masuk kesana. Kalau kalian ingin mencari literatur ataupun ngadem nungguin dosen ya tempat ini yang gue saranin.

nah selanjutnya gue bakal bahas lab-lab apa saja yang ada di jurusan sistem informasi pada saat ini,entah kurikulum baru yang akan datang bakal tetep atau berubah.

Studio Pemograman Sistem Informasi Lt.2
Jadi lab ini atau studio ini, menjadi lab yang pertama kali kalian masuki, sifatnya sih bebas siapa saja boleh masuk asal tidak ada kelas pada saat itu. Selain di Gazebo, lab ini biasanya menjadikan tempat nongkrong, ngerjain tugas atau numpang ngadem aja. Internetnya asyik sih, pernah suatu saat kecepatannya mencapai 100 Mbps loh, kan asyik tuh download film, game dan hmm koleksi pribadi.

Studio Aplikasi Terapan
Lanjut ke lab selanjutnya, lab atau studio aplikasi terapan. Beda dengan lab sebelumnya, kalau lab ini sih sering tertutup jadi gak bisa buat nongkrong, kalau ada perkuliahan atau seminar dan pelatihan saja lab ini dibuka. Lokasi lab ini persis disamping gazebo, lab disini enak menurut gue, internet stabil dan suhunya dingin apalagi duduk dibawah ACnya....dingin sampai-sampai gak fokus ke materi perkuliahan.

Selanjutnya gue bahas tentang LAB Untuk Tugas Akhir, disini gue bahas satu-satu aja ya.
  1. LAB Rekayasa Data dan Intiligensi Bisnis (RDIB)
    Lab RDIB

    Dimulai dari lab RDIB, lab ini merupakan lab dimana gue ngerjakan tugas akhir gue. Lokasi dari lab ini ada di lantai 3, jadi lumayan capek sih kalau naik ke lab ini. Di lantai 3 kebetulan sepi jadi kalian bebas ngapain aja disini asal jangan ngelakuin tindakan asusila.

    Nah di lab ini ada beberapa topik tugas akhir yang dapat kalian ambil diantaranya adalah peramalan, sistem pendukung keputusan, data mining, klasifikasi dan optimasi. Jadi kalau kalian gak suka ngoding dan malas bikin laporan tebel-tebel, inilah jalan keluar kalian! Jadi tau kan kenapa gue masuk ke lab ini? Yap benar gue malas ngoding dan bikin laporan hahaha!! Bercanda oy!! gue milih lab ini gara-gara gue jatuh cinta dengan data mining, meskipun seharusnya sih gue milih lab ADDI hehe

  2. LAB Akuisisi Data dan Disseminasi Informasi (ADDI)
    "Sorry Sepertinya gue Lupa ambil Foto Lab ADDI Coy"

    Gue sepertinya udah ambil foto lab ADDI tapi kemana yak....
    oke ntar gue edit lagi deh...lanjut aja dulu yak.

    Nah sebelumnya lab ADDI dan RDIB ini merupakan pecahan dari Lab SPK, karena entah ada apa mungkin perluasan topik studi ya...jadi ada perpisahan lab tapi tetep nggak jauh-jauh dari pengolahan data kok. Lokasi lab ini ada di lantai 3.

    Topik TA dari lab ini juga hampir sama dengan Lab RDIB, bedanya sih kalau ADDI kita lebih fokus bagaimana kita mengelola dan mendapatkan data, sebenernya gak sesimple yang kalian bayangkan tapi gue bingung menjelaskannya soalnya gue bukan anak lab ini jadi takut salah ngejelasinnya.

    Kenapa gue gak masuk ke lab ini? sekali lagi karena gue males ngoding! meskipun lab ini gak susah-susah amat ngodingnya kok, jadi gak usah takut masuk ke lab ini. Kalau kalian suka berbau Big Data, hmmmm disini tempatnya !

  3. LAB Sistem Enterprise (SE)
    Lab SE
    Selanjutnya adalah lab sistem enterprise, lokasi ada di lantai 2 setelah lab LPSI. Lab ini sih sering menjadi inceran mahasiswa sistem informasi yang memiliki jiwa teknik industri. Lah?

    Yap, menurut gue Lab ini yang menjadi bukti nyata kenapa SI dan Teknik Informatika berbeda, di Sistem Informasi kalian bakal belajar apa yang diajakarkan di jurusan Teknik Industri, jadi jangan kaget kalian bakal belajar seluk-beluk rantai pasok, simulasi sistem dan lain-lain. Kalau kalian gagal masuk ke teknik industri dan akhirnya masuk di sistem informasi, mungkin lab ini cocok bagi kalian hehehe.

  4. LAB Manajemen Sistem Informasi (MSI)
    Lab MSI
    Nah di lantai 3 bukan cuma lab RDIB aja, ada lab MSI juga. Lokasinya sih dekat dengan sekre himpunan, jadi kalau kalian MABA bakal jarang ke atas sini, soalnya lantai 3 itu restricted area bagi MABA, gak sembarangan boleh ngakses lantai 3 coy kalau kalian masih maba takutnya agenda ospek kalian bakal bocor hehe.

    Mengenai lab MSI, menurut gue lab ini merupakan core dari jurusan sistem informasi, kita sebagai mahasiswa sistem informasi dididik dan ditempa bahwa kita kelak jika lulus bakal siap untuk menduduki jabatan manager atau pimpinan heheehe.
    Ya di lab ini merupakan alasan kenapa di jurusan sistem informasi ada mata kuliah mengenai managemen dan perencanaan srategis sistem informasi. Lebih tepatnya sih lab ini ada karena hal itu yang mendasari. Jadi seperti yg gue katakan sebelumnya kenapa gue malas bikin laporan, karena di lab ini kalian bakal dihadapkan dengan pembuatan laporan, baik pembuatan dokumen perencanaan strategi sistem informasi dan lain-lain, maklum kalian di lab ini ditempa buat bisa membuat perencanaan yang baik guna menyongsong menjadi pimpinan ataupun manager yang handal. Kan gak lucu masa manager bikin perencanaan gak jelas?
  5. LAB Infrastruktur Sistem dan Teknologi Informasi (IKTI)
    Lab IKTI
    Akhirnya memasuki lab terakhir, lab IKTI. Nih kalau kalian jago ngoding, pasti kalian masuk ke lab ini. Ya sebenernya sih gak semuanya topik TAnya bakalan ngoding, semua lab pasti ngoding jika diperlukan kok, tapi ya kebetulan saja mata kuliah yang terkait dengan lab ini pasti harus ngoding sih...

    Tapi jangan khawatir, kalau kalian ingin masuk ke lab ini tapi gak terlalu jago ngoding masih bisa kok. Topik TA yang menyangkut lab ini bisa mengenai keamanan aset informasi. Jadi sebenernya di sistem informasi ada mata kuliah mengenai Hacking loh!! Jadi kalau kalian tertarik dengan keamanan aset informasi, tentang jaringan komputer bisa masuk ke lab ini. 
     
    Mungkin cukup sampai disini tour gue buat kalian mengenai jurusan sistem informasi ITS yah, oh iya gue mau kasih informasi tentang kurikulum baru, jadi ini nggak tau udah resmi apa belum yah, berikut ini gambaran mata kuliah di kurikulum baru sistem informasi ITS

    Kurikulum 2018
    Okey, kalau ada pertanyaan tulis aja di kolom komentar atau langsung aja chat gue di instagram gue ya hehe

You Might Also Like

2 komentar