First Impression KP di PT KAI Pusat, Bandung

July 04, 2017

Naik kereta api jug gejak gejuk gejak gejuk
Siapa hendak turut Ke Bandung … Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma
Ayo temanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama
Jug gejak gejuk gejak gejuk
Kereta berangkat
Jug gejak gejuk gejak gejuk
Hatiku gembira

Lapor kereta malam sudah sampai di tujuan, penumpangnya cuma 2 orang saja aa’ Masdendi 159 & aa’ Syahrul 170. Kami sekarang menjalani awal-awal Kerja Praktik dimana mata kuliah dengan bobot 2 SKS yang ada di departemen Sistem Informasi ITS mengharuskan mahasiswa angkatan atas (semester 7,red) untuk mencari pengalaman nyata di dunia kerja.

Sebelumnya disini kami mau menjelaskan kenapa tujuan kami memilih tempat KP di PT KAI Pusat Bandung, jadi awalnya setelah menghadiri seminar KP senior 2013 mas Alvin dan mas Hendra kemarin, kami memiliki ketertarikan dengan proses KP mereka dimana u know lah apa yang dicari mahasiswa kalau sedang KP hehe yup tidak terlalu sibuk dan dibebani oleh tugas-tugas banyak tapi dibalik itu terdapat sesuatu yang menarik di baliknya, kita bisa dapat belajar SAP dan memiliki akun dan mengeksplor lebih SAP dengan modul yang ada pada kantor pusat PT. KAI, tapi kalau boleh jujur sih kenapa milih PT.KAI di bandung karena alasan BANDUNGnya hehe ngerti kan kenapa?
Selanjutnya sih kami mau cerita gimana sih proposal kp kami bisa diterima, tapi nanti akan kami ceritakan di kisah selanjutnya saja ya, oke next kami mau cerita tentang pengalaman pertama kami memasuki dunia kerja meskipun cuma magang aja sih hehe…

Awal kerja kami di hari masuk kantor pertama habis liburan diawali dengan berangkat kepagian, kosan kami yang berada di daerah lengkong dan kantor KAI yang tidak jauh dari alun-alun bandung membuat kami cukup berjalan kaki sejauh 2km ya lumayan lah dibuat keringat di pagi hari. Kami sampai sekitar jam 7 dan ternyata masuk kantor di Bandung berbeda dengan di Surabaya, kebanyakan kantor disini masuk jam 8. Oke setelah menunggu cukup lama dan dikarenakan mentor kami mas Yuda agak terlambat dan kamipun disuruh untuk menghadap dengan kang Husni salah satu senior di divisi CIR, maka kami bertemu dengan kang Husni. Setelah kami dipertemukan dengan kang Husni ternyata kami mendapatkan sedikit ceramah dan kisah hidupnya yang sangat memotivasi kami, kang Husni merupakan salah satu senior di divisi CIR (ERP) di PT.KAI, beliau tidak mau dipanggil bapak, makanya kami disuruh memanggil akang atau nama langsung saja agar lebih dekat katanya, tapi dia tidak mau dipanggil dengan sapaan aa’ soalnya udah dibooking sama istrinya hehe.

Setelah kang Husni memberikan ceramah dan motivasi pagi hehe kang Husni menjelaskan tentang SAP yang diterapkan di kantor KAI Pusat ini panjang lebar dan memberikan masukan modul yang dapat kami eksplor, awalnya sih kang Husni mengarahkan kita untuk bergabung dengan tim ABAPERS tapi karena kami tidak ingin mengganggu 2 ABAPERS yang serius mengotak atik kodingan maka oleh karena itu kami memilih di bagian fungsional dengan fokus area modul FICO hehe, (Padahal alasan kami sebenernya gak mau repot ngoding hehe), sebenarnya ada lagi tim BASIS namun kata kang Husni tim ini terlalu sibuk karena mengurus bagian User dan jaringan yang ada jadi kami gak direkomendasikan di tim ini.

Oke setelah itu kami diajak berkenalan dengan mas-mas (meraka gak mau dipanggil bapak haha) satu persatu dan termasuk kami berkenalan dengan pak Dody sebagai VP Enterprise Resource Planning yang dimana sosok beliau sangat friendly dan memiliki sesi humor yang awalnya bertanya kalian masuk tim ABAPERS? dan langsung saja kami bilang cukup di fungsional saja dulu pak hehe, dan beliau bertanya udah ngoding apa aja dan belajar ngoding apa? ya dijawablah dengan lancar kami belajar ini itu bikin itu ini.

Nah akhir cerita setelah berkenalan dengan seluruh karyawan di ruangan kantor yang cukup nyantai ini, kegiatan selanjutnya adalah gabut karena kami belum tau akan melakukan apa dan sebelumnya kami bertemu dengan mentor utama kami mas Yuda dan ditanyakan nantinya akan fokus ke modul apa dan akan mau buat laporan apa.

Akhir cerita, kami setelah sholat dhuhur minta izin untuk pulang sekaligus akan memikirkan judul laporan dan memastikan akan mendalami modul SAP apa hehe dan diijinin dengan mas Yuda karena disini kita mah kerja nyatai.

Sampai disini dulu ya cerita di minggu ini,
Kedepannya kami akan membagikan kisah tentang bagaiaman proposal kp kami diterima dan pengalaman tentang mengeksplor modul SAP di PT.KAI Pusat, lumayan euuyyy dapat akses hehe.


Oh iya untuk membaca pengalaman KP mahasiswa Sistem Informasi ITS lainnya kunjungi blog Osiris

You Might Also Like

9 komentar

  1. Ka magang di pt kai dpt uang saku ga?

    ReplyDelete
  2. mau nanya mas itu pt kai bandung yang beralamat dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perintis kemerdekaan bandung. kantor pusatnya

      Delete
    2. pas naro proposal KP nya tetep di kantor pusatnya ,atau di Balai Pendidikan Dan Latihan Ir. H. Djuanda PT. KAI(Jl. Laswi No.23, Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung)itu mas?

      Delete
    3. waduh sorry baru balas, slow respon kalau lewat blog hehe.

      kalau kmaren aku ke divisinya langsung di kantor pusat, setelah di acc sama kepala devisi, nanti kita diarahkan ke balai pendidikan dan latihan buat ngurus ID magang... untuk ngurusnya cuma hari selasa dan kamis

      Delete
  3. bang, bagi format untuk proposal KP di KAI dong.. hehehe

    ReplyDelete
  4. Bang Syarat PKN/PKL di PT.KAI apa aja

    ReplyDelete
  5. izin bertanya mas, surat permohonan nya ditujukan ke kepala divisi bagian apa mas ?

    ReplyDelete